TUGAS PENKOM 3: Sistem Perangkat Lunak pada Android

Assalamualaikum......!
Gimana kabarnya? Sehat kan?

Kali ini gue balik lagi nih buat tugas penkom yang ketiga. Sesuai judul di atas gue istilahnya kaya ngejabarin sistem perangkat lunak yang ada di hp gue. Jadi........ hp gue itu Infinix HOT 4 Pro. Nah sistem operasinya itu android.



Langsung aja ya.....

1.Management file and directory

File Manager ini fungsinya itu untuk membantu mengatur file-file yang ada di hp kita.
Buka aja File Manager dari homescreen kamu.

Kalau di hp gue langsung gini tampilannya. Menurut gue dengan adanya pengkategorian kaya gini jadi lebih mempermudah gue buat mencari file sesuai dengan formatnya.

  Buka salah satu foldernya. Terus klik tiga titik yang ada di pojok kanan atas untuk pilihan-pilihaan yang ingin kamu atur. Ada create folder untuk membuat folder baru. Ada search untuk mencari file/folder. Ada select file or folder untuk memilih berbagai file/folder. Ada show hidden files untuk melihat file yang tidak terlihat. Dan ada sort untuk memilih urutan file berdasarkan waktu, nama, ukuran, dan tipe.




Gue mau nunjukkin gimana caranya untuk melihat file/folder yang tidak dapat dilihat. Klik aja "Show hidden files" maka file-file yang tidak terlihat dapat terlihat.



Dan ketika menggunakan pilihan "search".


Jika menekan (hold) dengan lama maka akan muncul pilihan seperti dibawah ini. 





2. Kompresi File pada android

  Fitur ini untuk mengkompres file yang berormat zip, rar, dsb. Sayangnya di hp gue nggak ada dari fitur bawaannya. Jadi gue harus download dulu di Playstore. Gue download aplikasi "Easy Unrar" secara gratis dari playstore.

Caranya gampang kok. Kamu tinggal buka aja aplikasinya terus pilih file yang mau kamu kompres. Terus klik "Extract" dan tunggu sampai prosesnya selesai. Udah deh. Gampang kan?




terus kamu bisa ngecek di "file manager" hasil kompresannya.


3.Fasilitas Utilitas sistem

Ada banyak sistem utilitas sistem di hp android gue. Tapi gue mau nunjukkin yang udah ada dari bawaan di hp gue. Namanya XManager.


"Accelerate" untuk mengoptimumkan RAM.


Kemudian untuk membersihkan sampah-sampah yang ada di memori hp bisa menggunakan pilihan "Mode Cleanup".



Itu dia beberapa penjelasan tentang sistem perangkat lunak pada android dari gue. Kurang lebihnya gue mohon maaf. Bye semuanya.................

Wassalamualaikum........❤❤❤







*ohya nih ada pertanyaan tambahan.
Kenapa ukuran file gambar/video setelah dikompres tidak jauh berbeda dibanding file teks (word/pdf)?

Berdasarkan sumber yang saya baca, tertulis di sana



Dapat disimpulkan bahwa file teks akan terdapat kata-kata pengulangan yang cukup banyak yang akan disimpan di "dictionary" dengan alogaritma LZ "adaptve dictionary-based" seperti yang tertera di atas. Hal ini menjadikan kompresi file teks menjadi lebih kecil dari file sebenarnya.

Komentar

Most Popular

GO MY LOVE Part 1 (CERBUNG ROMANTIS)

GO MY LOVE Part 2 (CERBUNG ROMANTIS)

GO MY LOVE PART 4 (cerbung romantis)

GO MY LOVE PART 3 (cerbung romantis )

Andela Yuwono Gen 3 JKT48

PELET KUMIS POCONG

MERAIH CINTA DALAM KESEDIHAN Bag.2 (cerpan)