TUGAS PENKOM 4: Aplikasi Pengolah Kata

Assalamualaikum…….
Gimana kabar kalian??? Sehat kan???
Gue balik lagi nih… Kali ini gue mau berbagi ilmu tentang apa yang udah gue pelajarin di praktikum penkom kemaren. Jadi jadi jadi langsung aja yah…….

Yang pertama gue diajarin gimana caranya bikin surat masal.
Istilahnya “Mail Merge”. Jadi tuh intinya kita bisa langsung nyetak dengan banyak alamat tanpa harus ngebuat satu-satu. Jadi langsung aja gitu. Jadinya lebih efisien deh….
Gampang kok caranya.

Pertama kita klik “Mailings” terus klik “Start Mail Merge”. Pilih kaya yang di gambar bawah ini.

Ohya hampir lupa.. Jangan lupa tulis nomor, kepada, alamat, sama perihalnya ya… Eh kalau ini sabeb sih sesuai dengan kebutuhan kamu hehe…. Terus jangan lupa juga dibagian “Select document type” nya diisi yang “Letters”. Setelah itu di next aja.

Next aja terus… 

Nah di step 3 kamu pilih “Type a new list” Baru deh di next. Nanti bakal muncul tampilan kaya gini

Setelah itu klik “Customize Columns…” Nanti bakal muncul tampilan kek gini. Abis itu kamu delete semua nya. Terus nanti kamu add sama apa yang kamu tulisin tadi di awal. Habis itu “Ok”

Nanti bakal muncul tampilan kaya gini. Kamu save aja langsung. Sabeb kok namainnya suka suka kamu

Klik edit.

Terus isi aja sesuai kebutuhan kamu. Kalau mau tambah klik aja “New entry”. Terus “Ok” dan “Yes”. Nanti tampilannya jadi kaya gini. Ok lagi deh. Setelah itu di next buat ke step 4.

Klik ”More Items”

Terus nanti kamu klik “Insert”. Disesuaikan ya sama yang di ketikannya. Jangan lupa di klik yang mau kamu masukin datanya sebelum di “Insert”.

Next buat ke step selanjutnya. Nah jadi deh.. 

Next lagi ke step terakhir nih. Klik “Print”

Selesai deh.. Kamu bisa langsung ngeprint sekaligus tanpa edit-edit alamatnya lagi..
Gimana? Gampang nggak sih???

###

Kedua, gue diajarin juga gimana caranya membagi halaman menjadi beberapa section. 

Jadi, yang pertama kali dilakukan itu kamu bisa nambah-nambahin banyak halaman suka suka kamu. Kalau gue di sini lima halaman aja deh cukup hehe. Caranya itu kamu pergi ke "Page Layout" jangan ke "Insert" ya.... Terus habis itu klik "Breaks" dan pilih "Next Page"

 Setelah itu kamu tinggal tambahin nomor halaman. Tau kan gimana caranya? Di "Insert" terus "Page number". Pilih aja tampilan halamannya mau dibelah mana. Kalau gue sukanya di sebelah kanan bawah.

Terus di halaman satu kamu blok terus klik kanan. Nanti pilih "Format Page Number". Buat apa? Buat bisa diganti ke angka romawi.

Pilih aja terus startnya dari romawi satu ya... Oh ya.. Kamu lakuin juga buat yang dihalaman dua. kamu ganti startnya jadi di satu.

Hasilnya jadi gini deh. Terus nanti di halaman romawi satu kamu tinggal nambahin halaman. Tapi kali ini pake yang di "Insert" "Page Break" ya......


Hasilnya jadi seperti ini


Nah gampang kan? Gampang lahyaaaaaa.......

###

Yang ketiga nih ya, gue mau berbagi tentang gimana caranya bikin daftar isi secara otomatis. Kuyla disimak.....

Gue pake file yang ttadi yang udah di bikin halamannya biar lebih mudah aja. Gue bikinnya di mulai di halaman angka arab satu. Pertama-tama kamu bikin kerangka dokumennya dulu. Misalnya kaya yang gue bikin dibawah ini.

Terus kamu ganti Judul Babnya pakai "Heading 1" dan Judul Isinya pakai "Heading 2"


Kamu bisa atur tampilannya dengan ara klik kanan di pilihan heading di atas. Terus pilih "Modify". Atur aja sesuai keinginan kamu...... Habis itu klik Ok deh



Habis itu sekarang kita bikin daftar isinya. Pertama kamu ke "Reference" terus pilih "Table of Contents". Gue bikin daftar isinya di halaman romawi satu.


Selanjutnya kamu bisa atur kerangka babnya. Kamu enter atau mau kamu "Page Break" juga boleh biar nanti per babnya pisah. Kan nanti daftar isinya nggak berubah ya> Biar berubah juga kamu tinggal klik aja daftar isinya terus klik "update table". Klik "update entire table". Klik Ok.
Selesai deh.



###

Yang keempat kemarin bikin Equation.
Membuat lambang eksakta kaya rumus-rumus gitu loh... Bikin ginian jadi inget kalkulus :(

Pertama kamu ke "Insert" terus "Equation" terus tinggal "Insert New Equation".


Terus kamu tinggal bikin-bikin deh rumusnya sesuka hatimu.



Nah gitu deh caranya...........


###


Selanjutnya gue mau ngeshare nih gimana caranya bikin autotext. Ituloh... Biar nggak usah ngetik ngetik hal yang sama.
Jadi caranya itu kamu ketik dulu alamat/apapun deh yang mau kamu auto text in. terus kamu blok. Terus kamu klik "Insert" 👉 "Quick Parts" 👉 "Save Selection to Quick Part Gallery" 👉 "Ok". Jadi deh auto textnya.





###

Selanjutnya gue juga mau ngeshare tentang thesaurus. Apa sih thesaurus itu? Kek nama dinosaurus ya> HAHAAHAHAHA *receh bat gue*. Thesaurus gunanya buat nyari kata lain yang artinya itu sama seperti kata yang dimaksud.
Caranya itu... Pilih "Review" terus "Thesaurus".
Ketik aja kata yang mau dicari terus nanti klik panah hijau. Di Mc.Word gue adanya yang buat bahasa inggris, jadi yang bahasa Indonesianya belum ada :(


###

Tambahan lainnya adalah cara mengaktifkan spelling dan grammar. Jadi dengan adanya fitur ini bisa mengecek kalau kalau ada penulisan yang salah. lagi-lagi karena di ms.word gue adanya bahasa inggris jadinya gue kasih contohnya dari tulisan yang bahasa inggris ya....

Caranya itu kamu pergi ke "File". Terus klik "Option". Terus klik "Proofing"
Terus ceklist yang kamu perluin. Kemudian "Ok".

Kamu bisa ngecek kok. Coba aja ada kata di tulisan inggrismu yang kamu salahin. nanti ada kek garis merah yang nandain kalau itu tuh spelling/grammarnya salah. Gue salah tulis yang harusnya kata natural. Jadinya dibawah kata ntural ada garis bawah merahnya.


###

Yang terakhir banget nih. Cara menginstall bahasa di windows. Gimana ya caranya???
Pertama kamu ke "Control Panel" dan cari "Language". Setelah itu kalau kamu mau nambah bahasa klik aja "add a language" Terus cari bahasa yang mau kamu tambah.


Klik "option" dan klik "Download and install language pack"


Ikutin prosesnya sampai selesai. Setelah itu kamu bisa ganti biar nanti bisa ngetik di ms.word nya pakai hangeul kaya gambar di bawah ini. *akhirnya gue bisa juga nulis hangeul di laptop*

 Kamu bisa nulis hangeul deh..... Gimana? Mudah kan? Gampang kan?


Akhirnya selesai juga......... Alhamdulillah sekali...
Panjang banget ya? Maaf ya hehe ✌✌
Ngerjain tugas dari jam 3 sore baru kelas maghrib gara gara tadi pas awal-awal laptopnya sempet lola :( So Sad..............................................

Yauudah deh
Makasih semuanya udah baca

Byebye
Wassalamualaikum.......

Komentar

Most Popular

GO MY LOVE Part 1 (CERBUNG ROMANTIS)

GO MY LOVE Part 2 (CERBUNG ROMANTIS)

GO MY LOVE PART 4 (cerbung romantis)

GO MY LOVE PART 3 (cerbung romantis )

Andela Yuwono Gen 3 JKT48

PELET KUMIS POCONG

MERAIH CINTA DALAM KESEDIHAN Bag.2 (cerpan)