TUGAS PENKOM 5: Aplikasi Pengolah Data

Assalamualaikum...

Hai-hai yeoreobun... Balik lagi sama gue Audia. Gimana kabar kalian? Sehat kan??
Okeh nais..

Kali ini gue bakal sharing tentang apa yang gue dapet waktu praktikum kemaren. Jadi kemaren itu gue diajarin cara mengolah data pakai microsoft excel. Langsung aja yaaaaaaa

Apa sih Microsoft Excel tuh??
Jadi menurut wikipedia microsoft excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Jadi intinya itu buat ngolah data, ada rumur-rumusnya juga.

Pertama, kemaren gue diajarin ngatur "Sheet". Apa sih "Sheet" itu?
Itu tuh kaya lembar kerjanya kita. "Sheet" itu terdiri dari banyak "Cell". "Cell" itu adalah pertemuan antara kolom dan baris. Baris ditandain dengan angka, kolom ditandain dengan huruf. Jadi kalau "cell" itu contohnya A1. GItu.

Gimana caranya menambah "Sheet"
Gampang aja. Kamu tinggal klik aja ikon yang kaya digambar dibawah ini.

Terus kamu juga bisa ngerename sheet nya sesuai kebutuhan kamu. Di klik 2 kali aja di "Sheet 1" nya misal kalau kamu mau rename sheet 1. Atau kamu klik kanan dan nanti ada pilihannya.

###

Terus kita kemaren diajarin ngolah data di tabel. Gimana ngitung rata-rata. Gimana Langsung nentuin huruf mutunya dan status lulus pakai rumus "if".

Ngitung rata-ratanya gue pakai rumus =AVERAGE(cell). Gampang aja, kamu tinggal nulis rumus nya terus kamu tinggal drag cellnya.

Terus biar praktis dan efisien tinggal kamu drag aja kaya gini. Itu kan kaya ada kotak kecil di bagian pojok kanan bawah. Langsung aja klik ke bawah .

Nah habis itu kita bikin rumus if untuk huruf mutu. Bikin rumusnya itu =IF(logika, benar, salah) Kalau pilihan benar salahnya ada lebih dari dua, kamu tambahin aja lagi if nya kayak contoh di bawah. Oh ya tanda tutup kurungnya jangan lupa ya.. Harus sama jumlahnya. Terus buat kebawahnya drag aja biar lebih praktis.

Status lulus nya, sama kita pake rumus if. Karena syaratnya Mahasiswa yang mendapatkan nilai selain D Lulus.
Jadi biar lebih gampang kita buat rumus if nya =IF(cell="D", "tidak lulus", "lulus") Oh ya gue lupa nih mau ngasih tau, kenapa pakai tanda petik. Soalnya excel itu fungsinya buat ngolah data yang berupa angka bukan kata. Jadi kalau kita mau bikin rumus dan ada data yang bukan angka kita pakein tanda petik.

Oh ya buat ngolah jumlah kita pakai rumus "sum"

###

Sekarang kita belajar rumus "VLOOKUP". Buat apa sih rumus itu? Fungsi ini digunakan untuk mengambil suatu nilai berdasarkan kriteria tertentu.

Pertama kita buat tabel terus kita nulis NRP nya acak aja.

Penjelasannya. O7 itu adalah cell NRP di tabel yang baru. Terus table array nya gue drag cell yang ada di tabel awal. Gue dragnya dari NRP yang di cell E7 sampe K15. Jangan lupa dikasih simbol dollar "$" buat kaya ngekunci kolom atau baris supaya ngga berubah. Terus index nomornya kenapa 5? Karena urutan rata-rata dari yang kita drag tadi tuh dia urutan kelima. Terus kenapa kita pakai false, karena False itu untuk data yang pasti sementara True untuk data yang tidak pasti.

Nah kalau buat status lulus kita ganti aja indexnya jadi 6.

###

Rumus Sel Absolut ($)
Untuk mengunci kolom atau baris. Biar tidak berubah kalau didrag atau copas.
Nih contohnya
Yang A ngga gue absolutin cell C3. Kalau yang B gue absolutin.

###

Nah itu dia tadi sedikit penjelasan dari gue.
Kurang lebihnya gue mohon maaf.

Bye~ Annyeong~
Wassalamualaikum.......





Tugas tambahan :
Menghitung pajak.

Komentar

Most Popular

GO MY LOVE Part 1 (CERBUNG ROMANTIS)

GO MY LOVE Part 2 (CERBUNG ROMANTIS)

GO MY LOVE PART 4 (cerbung romantis)

GO MY LOVE PART 3 (cerbung romantis )

Andela Yuwono Gen 3 JKT48

PELET KUMIS POCONG

MERAIH CINTA DALAM KESEDIHAN Bag.2 (cerpan)